Pendidikan Kedubes Malaysia Jalin Kerja Sama dengan Unsyiah

10.04.2018 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menerima lawatan atase pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta. Tujuannya untuk membahas seputar Scholarship Programme 2018 dan pertukaran pelajar. Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga membicarakan perkembangan MoU yang terjalin antara Unsyiah dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di Malaysia.

Setiausaha Pertama Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia Jakarta, Mohd Mubarak, mengatakan lawatan ini juga untuk mendengarkan secara langsung kendala yang dihadapi selama kerja sama terjalin. Di samping itu, pihak delegasi juga membuka ruang diskusi terkait program yang ingin dibangun ke depan antara Unsyiah dan Malaysia.

“Jika ada program yang ingin dilakukan kerja sama dengan Malaysia, tetapi ada kendala, bisa disampaikan kepada kami agar bisa difasilitasi dengan instansi terkait,” ujar Mubarak di Kantor Pusat Administrasi Unsyiah, Banda Aceh, Selasa (10/4).

Tidak hanya itu, Kedutaan Besar Malaysia juga siap membantu dan memfasilitasi Unsyiah jika ingin menggelar even promosi yang ingin dihadiri perwakilan universitas Malaysia. “Kalau pihak Kedutaan yang meminta tentu prosesnya akan lebih cepat” katanya.

Terkait beasiswa pendidikan, Mubarak menjelaskan jika Malaysia-Indonesia Scholarship Programme 2018 menyediakan beasiswa dalam dua kategori. Pertama, beasiswa berdasarkan merit (prestasi akademik) yang terdiri dari International Islamic University of Malaysia, Asia Pacifik University, dan Reading University Malaysia. Kedua, beasiswa parsial yang ditawarkan oleh University Science Malaysia, University Teknologi Mara, Multimedia University, dan beberapa universitas lainnya.

Sementara untuk Malaysia International Scholarship 2018, Mubarak menambahkan, ada 20 beasiswa penuh program Pascasarjana (S2 dan S3) di universitas terkemuka Malaysia untuk semua warga negara Indonesia.

“Informasi lebih lanjut bisa di email ke educationmalaysia.id@gmail.com” ujarnya.

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., menyampaikan tidak ada kendala terkait kerjasama yang sudah terjalin antara Unsyiah dengan berbagai universitas di Malaysia. Selama ini, tambah Rektor, kerjasama telah terjalin dalam bidang penelitian, pertukaran mahasiswa, dan pertukaran dosen. Tercatat ada beberapa universitas di Malaysia yang menjalin kerja sama dengan Unsyiah, seperti University Teknologi Mara, University Kebangsaan Malaysia, dan University Malaya.

“Barangkali ke depan akan kita coba bangun kerjasama di bidang kedokteran, farmasi, dan kedokteran gigi,” harap Rektor. []