692 Atlet Berlaga dalam Selekda Pomnas

22.08.2017 Humas

Sebanyak 692 atlet dari 14 cabang olahraga (cabor) berlaga dalam Seleksi Daerah untuk persiapan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) sejak 22-26 Agustus 2017. Ratusan atlet tersebut akan bertanding di 14 venue yang ada di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan kawasan Kota Banda Aceh, Selasa (22/8).

Perhelatan tersebut diawali dengan pembukaan Selekda Persiapan Pomnas 2017 di Gelanggang Unsyiah oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah Dr Ir Alfiansyah Yualinur BC. Sebanyak 24 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) dari seluruh Provinsi Aceh mengambil bagian dalam ajang ini.

Sementara 14 cabor yang akan dipertandingkan, yaitu atletik, bola basket, bola voli, bulutangkis, catur, futsal, karate, kempo, pencak silat, petanque, renang, sepak takraw, tarung derajat, dan tenis lapangan. Jumlah wasit  dan hakim garis yang terlibat yakni sebanyak 197 orang.

“Semua wasit itu adalah pengurus dari provinsi dan tak ada satupun dari Unsyiah supaya pertandingan berjalan lebih sportif,” kata Dr Alfiansyah.

Disebutkan, Pomnas XV dijadwalkan akan diselenggarakan pada Oktober 2017 di Universitas Hasanuddin Makassar. Sebelumnya, tahun 2015 Aceh mendapat juara delapan ketika Unsyiah menjadi tuan rumah Pomnas XIV. Namun, tahun 2017 ini Aceh harus lebih dari itu atau setidaknya bisa kembali masuk urutan delapan besar. Atlet yang lolos seleksi ke Pomnas nantinya mesti berusaha untuk mengharumkan nama Aceh dan almamaternya.

“Selain itu, sportivitas adalah hal yang mutlak yang harus dipegang teguh dan dijalankan bagi para olahragawan,” tegasnya.

Kepala Biro Kemahasiswaan Unsyiah Drs M Nasir Ibrahim menambahkan, pelaksanaan Selekda 2017 ini turut mendapat bantuan penuh dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh. Sedangkan untuk pemberangkatan atlet ke Unhas Makassar akan dibantu oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Aceh.

“Tapi apabila ada kekurangan dalam pembiayaan, maka kita ingin pihak DPRA turut ambil bagian untuk membantu pemberangkatan para atlet tersebut,” ungkapnya.

Menanggapi komentar tersebut, Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda mengaku siap untuk membantu keikutsertaan mahasiswa Aceh untuk bertanding pada Pomnas 2017 di Makassar.

“Silahkan jumpai kami (DPRA) apabila nanti ada kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi,” jelas Sulaiman Abda yang juga menjabat Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unsyiah.

Ia meminta agar para atlet dapat bertanding secara sportif dan mengikuti setiap aturan yang berlaku. Menurutnya, para atlet yang berprestasi pada Pomnas 2017 akan mendapat penghargaan dari masing-masing universitas dan penghargaan dari Dispora Aceh.

Hadir dalam kesempatan itu Kadispora Aceh, Ketua Bapomi Aceh, Pengurus KONI Aceh, Wakil Rektor III se-Aceh, Dekanat, dan Ketua Pengprov Cabang Olahraga.

 

Editor: Reza Fahlevi