Dua Ibu Jadi Wakil Dekan di Unsyiah di Hari Ibu

22.12.2017 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr. Ir Samsul Rizal M.Eng., melantik para wakil dekan untuk Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Keperawatan (FKep) Unsyiah periode 2017-2021 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat pagi (22/12). Dua di antara para wakil dekan yang dilantik tersebut adalah wanita, yaitu wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni (wakil dekan III)  Fakultas Teknik dan Fakultas Keperawatan, yaitu  Lulusi, S.T., M.Sc dan Ns. Sri Rahayuningsih , M.Kep., Sp.Kep.An.

Selain keduanya, para wakil dekan (WD) lainnya dari Fakultas Teknik Unsyiah yang dilantik adalah Dr. Iskandar, S.T., M.Eng.Sc sebagai WD I (Bidang Akademik), dan Dr. Ir. Muhammad Zaki, M.Sc sebagai WD II (Bidang Umum dan Keuangan). Sementara untuk FKep Unsyiah, para WD lainnya yang dilantik adalah Dr. Teuku Tahlil, S.Kp., MS sebagai WD I, Ners. Ardia Putra, S.Kep., MNS, sebagai WD II.

Para wakil dekan yang dilantik tersebut menggantikan para wakil dekan sebelumnya di Fakultas Teknik, yaitu Dr. Rizal Munadi, M.M, M.T (WD I), Dr. Zahrul Fuadi, M.Eng (WD II), serta Dr. Nasrullah RCL., MT (WD III). Sementara para wakil dekan Fkep yang digantikan adalah Ners. Darmawati, S.Kep., M.Kep., Sp.Mat (WD I), Ns. Cut Husna, S.Kep.,MNS (WD III), sementara Ners. Ardia Putra, S.Kep., MNS tetap menjabat sebagai WD II periode ini.

Rektor Unsyiah berharap para pejabat baru ini dapat saling bersinergi membenahi reformasi birokrasi kampus sekaligus melakukan penyegaran berorganisasi, khususnya dalam peningkatan nilai akreditasi.

“Saat ini, 42 persen program studi (prodi) di Unsyiah telah meraih akreditasi A, terbanyak di Fakultas Teknik. Unsyiah menargetkan prodi lama tidak ada lagi yang berakreditasi C,” ujar Rektor.

Rektor Unsyiah mengajak semua pihak untuk memelihara kekompakan demi mencapai target-target prestisius yang telah dicanangkan. Secara umum, banyak target telah berhasil dicapai oleh Unsyiah sejak tahun 2012. Salah satu pencapaian prestisius tersebut adalah lompatan akreditasi institusi dari C ke A.

Di tahun depan, Rektor Unsyiah juga menargetkan setiap prodi menghasilkan minimal sepuluh proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dapat didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Untuk itu, ia berharap para wakil dekan dapat bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsyiah untuk mensosialisasikan kegiatan riset dan pengabdian kepada mahasiswa dan dosen. Sebab menurutnya, setelah Unsyiah beralih menjadi Badan Layanan Umum (BLU), maka kampus ini ditargetkan menjadi Entrepreuneur Riset University.

Turut hadir dalam pelantikan ini Rektor ISBI Aceh Dr. Ir. Mirza Irwansyah, MBA. MLA., para Wakil Rektor Unsyiah, Dekan Fakultas, Wakil Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Kepala Biro, dan civitas akademika Unsyiah lainnya. [mr]