Fakultas Hukum dan Peradi Didik Calon Advokat

02.11.2018 Humas

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala bekerja sama dengan DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Banda Aceh melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), Sabtu (27/10) di Aula Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung mulai 27 Oktober dan berakhir 24 November 2018. Pelaksanaan PKPA tahun 2018 ini merupakan kali ketiga yang digelar sejak tahun 2016.

Ketua Panitia PKPA tahun 2018, Khairani, S.H., M.Hum., mengatakan kegiatan ini untuk mencetak calon advokat yang dapat memberikan bantuan dan layanan hukum, sehingga terwujud pemenuhan keadilan bagi semua orang. Kegiatan ini diikuti 39 peserta dari berbagai unsur, instansi, dan praktisi.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH Unsyiah), Prof. DR. Ilyas, S.H., mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dedikasi dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi. Ia berharap kegiatan ini dapat mencetak para advokat yang memiliki integritas, moralitas, profesionalitas tinggi, dan berpihak pada keadilan.

“Harapan kita semua alumni PKPA dapat mengambil bagian dalam membenahi sekaligus memberi warna positif dalam penegakan hukum di Indonesia, khususnya di Aceh,” ujar Ilyas.

 Sementara Sekretaris DPC Peradi Banda Aceh, Syahrul, S.H. M.H., mengatakan jika PKPA merupakan kewajiban dan syarat yang harus dipenuhi agar dapat diangkat menjadi advokat.  Hal ini seperti diamanatkan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Ia juga menambahkan jika pada pelaksanaan PKPA tahun 2017, seluruh peserta lulus saat ujian advokat.

“Ini merupakan sejarah pertama para alumni PKPA yang dilaksanakan oleh Peradi yang seluruh pesertanya dinyatakan lulus ujian advokat,” pungkas Syahrul. [Humas Unsyiah/fer]