FKEP Unsyiah Gelar Konferensi AINC

26.10.2018 Humas

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menggelar konferensi keperawatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Nursing Conference (AINC). Konferensi yang mengusung tema Bridging the Gaps: Linking Evidence to Practice in Nursing and Health Science ini dimulai dari 25 – 27 Oktober 2018 di Kyriad Muraya Hotel.

Panitia Pelaksana Dr. Teuku Tahlil, S.Kp. MS dalam sambutannya mengatakan, bahwa konferensi ini mencoba untuk menganalisis perkembangan dunia keperawatan saat ini. Maka ia berharap, para peserta konferensi ini bisa mengidentifikasi dan menghasilkan rekomendasi untuk memperkuat dunia pendidikan khususnya di bidang keperawatan.

“Untuk itulah, Unsyiah mengundang para peneliti, akademisi, dan stakeholder lain untuk men-submit makalah mereka dalam berbagai topik ilmu keperawatan dan kesehatan, termasuk di antaranya dasar keperawatan, keperawatan bencana, manajemen keperawatan, keperawatan darurat dan lainnya,” jelas Tahlil.

Ia juga menambahkan, konferensi ini menghadirkan tiga keynote speakers yang berkompeten. Mereka adalah Prof. Arild Granerud dan Dr. Borge Baklien  dari Inland Norway University, Norwegia. Prof. Elly Nurachman dari Universitas Indonesia. dan Dr. Aini Ahmad dari Open University, Malaysia.

Konferensi ini telah tersertifkasi oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Di mana saat ini panitia telah menerima 98 abstrak dari seluruh Indonesia serta  negara lain. Dan kemudian telah dipilih 57 makalah yang telah di-review oleh reviewers internasional.

“Semua makalah yang diterima itu akan dipublikasikan di Scitepress, sehingga pembaca dari seluruh dunia bisa merasakan manfaatnya dari konferensi ini,” ujarnya.

Wakil Rektor I Unsyiah Prof.Dr. Marwan mengatakan, Konferensi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Unsyiah yang sedang berupaya tumbuh menjadi Universitas terkemuka di Indonesia. Unsyiah ingin menjadi institusi yang terdepan dalam pendidikan keperawatan melaui bukti dan praktiknya.

“Konferensi ini juga merupakan bagian dari kontribusi kita dalam mengembangkan ilmu keperawatan, dan wujud kepedulian kita untuk meningkatkan kualitas kesehatan pada masyarakat,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, Unsyiah juga menandatangani kesepakatan kerja sama antara Unsyiah dengan Inland Norway University. Turut hadir Dekan FKEP Unsyiah Dr. Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep.  Dekan Fakultas Teknik Unsyiah. Dr. Ir. Taufik Saidi., M.Eng dan para Direktur Rumah Sakit di kota Banda Aceh.