Pendaftaran SBMPTN Sudah Dibuka

13.04.2017 Humas

Pendaftaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah dibuka sejak hari ini, 11 April - 5 Mei 2017. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan menampung 40 persen calon mahasiswa yang lulus melalui jalur SBMPTN, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (11/4).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir mengatakan, pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online. Alur pendaftaran SBMPTN dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tahun ini Unsyiah akan menampung 40 persen calon mahasiswa yang lulus melalui jalur SBMPTN. Sedangkan kuota penerimaan untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 30 persen, dan kuota penerimaan Ujian Masuk Bersama (UMB) sebesar 30 persen.

“Ujian tulis SBMPTN akan dilaksanakan pada 16 Mei 2017, baik itu ujian jenis Paper-Based Testing (PBT) maupun Computer-Based Testing (CBT),” katanya.

Disebutkan, pendaftaran online CBT akan ditutup apabila kuotanya sudah penuh. Namun calon peserta  masih bisa mendaftar pada jenis ujian PBT. Ujian SBMPTN akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Kelompok ujian SBMPTN dibagi tiga kelompok, yaitu kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), dan kelompok ujian campuran.

“Biaya seleksi yang ditanggung peserta adalah sebesar Rp 200 ribu dan dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN,” ujarnya.

Menurutnya, biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali. Selain ujian tertulis, peserta SBMPTN yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan juga diwajibkan untuk mengikuti ujian keterampilan pada 17 dan/atau 18 Mei 2017.

“Hasil ujian akan diumukan di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id dan laman mirror di beberapa PTN mulai 13 Juni 2017 pukul 14.00 WIB,” sebut Hizir.

Ia menjelaskan, khusus bagi calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus melalui SNMPTN, dapat mendaftar kembali di jalur SBMPTN. Peserta tersebut nantinya mendaftar dengan menggunakan pasangan KAP dan PIN yang diperoleh sebelumnya, sehingga untuk mencetak kartu tanda peserta SBMPTN tidak dikenakan biaya seleksi atau gratis. Sementara bagi calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan lulus melalui SNMPTN juga masih berkesempatan mendaftar jalur SBMPTN.

“Yang bersangkutan diwajibkan mendaftar kembali agar mendapatkan KAP dan PIN baru untuk memperoleh slip pembayaran. Kemudian calon peserta membayar biaya seleksi ke Bank Mandiri, BNI, dan BTN,” pungkas Hizir.

 

Editor: Reza Fahlevi