Perkuat Penelitian Perbankan, Unsyiah Kerja Sama dengan Universitas Perancis

26.06.2018 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, melakukan penandatanganan MoU dengan Rektor University of Limoges, Prof. Dr. Alain Celerier, di Limoges, Perancis, Senin (25/6). Kerja sama ini dalam rangka mengoptimalkan penelitian dan program doktor di bidang perbankan dan keuangan di beberapa univeristas di Indonesia.

Proyek yang dinamakan OPT Bank ini menyasar universitas dari negara kepulauan terbesar di dunia, yaitu Indonesia. Selain itu, turut bergabung beberapa universitas lainnya dari Eropa, seperti University of Limoges (Prancis), Bangor University (Inggris Raya), Universitas Roma III (Italia), dan Universitas Teknologi Kreta (Yunani).

Untuk Indonesia, program ini melibatkan enam universitas, yaitu Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tanjungpura, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Sebelas Maret, dan Institut Teknologi Bandung. Program ini juga mengikutsertakan mitra terkait dari badan pemerintah dan masyarakat sipil, seperti Bank Sentral Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan Indonesia, dan Asosiasi Keuangan Indonesia. Ini bertujuan untuk mengintegrasikan dan meningkatkan kapasitas penelitian dan program PhD di bidang perbankan dan keuangan.

Penerima manfaat proyek ini adalah anggota fakultas, mahasiswa PhD, pascasarjana, dan sarjana dari enam universitas di Indonesia. Tetapi output proyek ini juga akan melayani rumah tangga, usaha mikro serta industri perbankan, bank sentral, badan pengatur, dan pembuat kebijakan. (ferhat)