Perpustakaan Unsyiah Sediakan Warkop

04.11.2016 Humas

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kini menyediakan fasilitas warung kopi (warkop) yang bernama Libri Cafe. Warkop yang berada di lantai 1 Perpustakaan Unsyiah tersebut diresmikan oleh Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng pada Grand Opening Libri Cafe di UPT Perpustakaan Unsyiah, Rabu (2/11).

Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah, Dr Taufiq A Gani MEngSc menuturkan, suasana perpustakaan Unsyiah akan terus dibuat semenarik mungkin. Ini sebagai upaya menarik minat pembaca. Apalagi status perpustakaan Unsyiah sudah akreditasi A.

“Kita ingin ciptakan imej bahwa perpustakaan bukanlah tempat yang membosankan,” tuturnya.

Saat ini perpustakaan Unsyiah telah menyediakan ruang kreativas seni, ruang diskusi, serta akses internet cepat dan gratis. Sedangkan kehadiran warkop ini adalah inovasi baru agar pengunjung betah.

“Pengunjung perpustakaan Unsyiah sekarang bertambah signifikan. Ada 2.500-3.000 pengunjung perpustakaan Unsyiah setiap harinya. Ada dari kalangan civitas Unsyiah maupun pengunjung luar,” sebutnya.

Apalagi perpustakaan ini sudah berakreditasi A, pengunjung yang terdata di sistem kami perharinya 2500-3000 orang baik dari kalangan civitas Unsyiah maupun pengunjung luar,” ujarnya lagi.

Sementara itu, dalam sambutannya Rektor Unsyiah berharap inovasi ini berjalan dengan baik.

“Unsyiah selalu mendukung hal-hal yang mendorong aktivitas belajar,” ujarnya.

Dia mengatakan, warkop ini jangan sekedar untuk ajang pengenalan dunia bisnis kepada pengusaha muda. Namun juga harus mengedukasi pengunjung perpustakaan agar lebih tahu tentang kopi.

Libri Cafe dikelola atas kerja sama dengan Coffee Cho dengan UPT Perpustakaan Unsyiah. Para pengunjung disuguhi 1.000 gelas kopi gratis pada pembukaan perdana ini.

Launching EDC

Dalam kesempatan yang sama, pihak Perpustakaan Unsyiah bekerjasama dengan Bank BRI Wilayah Aceh turut melaunching penggunaan mesin Electronic Data Capture (EDC) menggunakan kartu BRIZZI.

Nantinya, pembayaran denda telat pengembalian buku, pengunjung umum perpustakaan, foto kopi jurnal akan menggunakan BRIZZI. Selama promosi, pengguna kartu BRIZZI mendapatkan diskon 20% hingga Desember 2016. Bagi pengguna yang belum memilikinya, dapat menggunakan kartu BRIZZI yang disediakan UPT Perpustakaan Unsyiah.

Wakil Kepala Pimpinan Wilayah Bank BRI Aceh, Kaspiah menjelaskan, BRI sangat mendukung program perpustakaan Unsyiah. Apa yang dilakukan Perpustakaan Unsyiah adalah perubahan besar.  Apalagi sekarang ini sudah masuk era digital.

Dalam kesempatan itu Perpustakan Unsyiah juga menyerahkan hadiah bagi peminjam buku terbanyak. Frequent Borrower Awards tersebut diberikan untuk mempromosikan perpustakaan agar semakin banyak pengunjung setiap harinya.

Pemenang Frequent Borrower Awards, yaitu juara I Nurul A'la (Pendidikan Biologi), juara II Mulia Irawan (Teknik Kimia), dan juara III Muhammad Ilham Muslim (Pendidikan Bahasa Inggris).

 

 

Penulis: Muarrief Rahmat

Editor: Reza Fahlevi