Proyek 7in1 Unsyiah Capai Target

18.08.2017 Humas

Masa pengerjaan Project Implementation Unit (PIU) 7in1 di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mencapai target yang telah ditetapkan, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (18/8)

Hal tersebut disampaikan Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng saat menerima peninjauan proyek oleh tim The Saudi Fund for Development (SFD) Arab Saudi. Delegasi SFD yang hadir, yaitu Abdullah M Al Shoaibi dan Eng Yeaser Albakri.

“Pelaksanaan proyek 7in1 yang ada di Unsyiah telah mencapai target bahkan melebihi target dari yang telah direncanakan,” ucapnya.

Proyek PIU 7in1 ini secara umum berada di bawah koordinasi Kemristekdikti. Dinamakan Proyek 7in1 karena proyek pembangunan juga dilaksanakan di tujuh universitas terpilih di Indonesia dengan dukungan dana hibah dari Islamic Development Bank (IDB) dan The Saudi Fund and Development (SFD). Selain Unsyiah tercatat enam universitas lain yang mendapat bantuan tersebut, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Tanjung Pura (Untan), Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan Universitas Sam Ratulangit (Unsrat).

Ada tiga fakultas yang dibangun dengan dana dari SFD di Unsyiah, yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), dan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unsyiah.

Rektor Unsyiah mengatakan, kedatangan SFD ke Unsyiah untuk melihat secara langsung proses pembangunan yang sedang berlangsung di tiga fakultas yang telah dimulai sejak bulan Mei 2017. Rektor juga menjelaskan saat ini progres pembangunan lebih cepat dari target yang telah ditetapkan. Ia berharap dengan trend pembangunan seperti ini, ketiga gedung tersebut dapat selesai tepat waktu. Terlebih lagi Kemenristekdikti dan Duta Besar Arab Saudi berharap pembangunan dapat berjalan baik dengan kualitas  sesuai perencanaan.

“Semoga projek ini dapat berjalan sesuai jadwal dan kualitas yang telah digariskan. Semua pihak baik itu Menteri dan Duta Besar Arab Saudi berharap pembangunan berjalan baik dengan kualitas sesuai perencanaan,” harap Rektor.

Sementara itu, Abdullah M Al Shoaibi dari SFD mengatakan pihaknya senang dengan proses pembangunan yang telah melebihi target dari perencanaan. Ia berharap pembangunan dapat berjalan baik dengan tetap mengutamakan kualitas bangunan.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor II Unsyiah Prof Dr Husni SH MHum, Tim Project Implementation Unit (PIU) 7in1 Unsyiah, Dekan-Dekan Unsyiah, konsultan, perwakilan Bappenas, perwakilan Kementerian Keuangan, dan civitas akademika Unsyiah.