SBMPTN Unsyiah Berjalan Lancar

09.05.2018 Humas

Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang dipusatkan di beberapa tempat berlangsung lancar pada Selasa, 8 Mei 2018. Wakil Rektor Unsyiah Bidang Akademik, Dr. Hizir, Selasa (8/5) mengatakan bahwa ujian di Sub Panlok Aceh yang meliputi Unsyiah, UIN Ar-Raniry, dan ISBI Aceh yang dipusatkan di semua fasilitas dan kelas di Unsyiah, Universitas Islam Negeri Ar Raniry, serta beberapa sekolah di kawasan Darussalam, Rukoh, hingga Lampineung berjalan baik dan lancar.

Ujian ini terbagi dalam dua tahap, pada pukul 07.00 WIB untuk kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) serta Campuran, serta pukul 09.45 WIB untuk kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum).

Hizir menyebutkan jumlah pendaftar SBMPTN di Sub Panlok Aceh tahun 2018 sebanyak 15.363 orang. Sebanyak 5.078 orang di antaranya memilih kelompok Saintek, 4.009 orang memilih kelompok Soshum, sisanya merupakan pemilih campuran. Selain itu, sebanyak 530 peserta mengikuti SBMPTN secara ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Hizir juga menambahkan tahun ini tidak ada peserta yang mengikuti ujian di rumah sakit.

“Ada beberapa peserta yang tidak hadir di saat ujian berlangsung dan dengan sendirinya keikutsertaan mereka dalam SBMPTN dinyatakan gugur,” ujar Hizir.

Selain itu, pada tahun ini Unsyiah juga menfasilitasi dua peserta tunanetra. Mereka mengikuti ujian dengan didampingi dua pengawas yang bertugas membacakan soal dan melingkari jawaban. Kedua peserta ini mengikuti ujian di ruang khusus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik.

“Semua hasil ujian ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2018 melalui http://pengumuman.sbmptn.ac.id,” pungkas Hizir.

Sementara itu, di waktu bersamaan sebanyak 1.534 peserta dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) mengikuti sosialisasi pendaftaran ulang di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh. Mereka yang mengikuti sosialisasi ini telah dinyatakan lulus verifikasi dan klarifikasi di Unsyiah. Mereka diharapkan untuk memantau perkembangan jadwal dan tata cara pendaftaran ulang mahasiswa baru jalur SNMPTN melalui websitewww.unsyiah.ac.id[ferhat]