Sembilan Tim PKM Unsyiah Lolos PIMNAS

03.08.2017 Humas

Sembilan tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil lolos ke ajang bergengsi nasional Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang ke-30 tahun 2017. Ajang ini akan berlangsung di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tanggal 23-28 Agustus mendatang. Kepastian lolosnya sembilan tim PKM Unsyiah ini didapat setelah pengumuman yang dikeluarkan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kemarin (2/8) di Jakarta.           

Di antara sembilan tim PKM ini, enam di antaranya berasal dari Fakultas Teknik (FT), dua dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan satu dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dilihat dari jenis PKM, sebanyak dua judul merupakan PKM Sosial Humaniora (PKMSH), tiga dari PKM Penelitian Eksakta (PKMPE), tiga dari PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM), serta satu dari PKM Karsa Cipta (PKM KC).

Unsyiah meloloskan tim terbanyak dibandingkan perguruan tinggi lainnya di Sumatera. Secara nasional Unsyiah berada di peringkat ke-13 sebagai pemilik tim PKM terbanyak di PIMNAS tahun ini, dari 89 perguruan tinggi yang tim PKM-nya berhasil masuk PIMNAS. Lima besar perguruan tinggi yang memiliki jumlah terbanyak adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya Malang,  Universitas Gadjah Mada Jogjakarta, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, serta Universitas Diponegoro Semarang. Sementara di luar pulau Jawa, hanya Universitas Hasanuddin yang berada di atas Unsyiah, yaitu posisi 8 dengan 13 tim PKM.

PIMNAS merupakan ajang kompetisi ilmiah antar mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang digelar tiap tahun. Ajang ini awalnya bernama Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM) yang pertama kali digelar di Universitas Indonesia (UI) Jakarta tahun 1988 silam. Lalu berganti nama menjadi PIMNAS sejak 1990. Unsyiah relatif rutin meloloskan tim PKM-nya ke PIMNAS. Tahun lalu, Unsyiah berhasil meloloskan lima tim PKM ke PIMNAS.           

Tahun ini, Unsyiah mengirimkan sebanyak 415 proposal untuk didanai oleh Kemenristekdikti. Namun demikian, hanya 35 proposal yang didanai. Sembilan dari 35 proposal tersebutlah yang terpilih sebagai wakil Unsyiah di PIMNAS ke-30. Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Samsul Rizal, M. Eng secara khusus mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang berhasil menembus PIMNAS.

“Prestasi tingkat nasional selalu istimewa, karena itu kita sudah merancang cara, agar prestasi mahasiswa Unsyiah di pentas nasional semakin meningkat di masa mendatang,” pungkas Prof Samsul.