Siswa Malaysia Kunjungi Perpustakaan Unsyiah

17.03.2015 Humas

Sebanyak 67 siswa sekolah dari Pahang, Malaysia berkunjung ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Selasa (17/03). Mereka berkunjung dalam rangka Library Tour ke Perpustakaan Unsyiah, sekaligus mempererat silaturahmi antar negara serumpun. Dalam kunjungan tersebut mereka juga mepersembahkan musikalisasi puisi dan penampilan multimedia. Sementara dari Unsyiah, penampilan puisi dibawakan oleh Zana Syaifulah, mahasiswa Agribisnis Pertanian Unsyiah.

Ketua rombongan Library Tour tersebut, Muhammad Fadhil mengatakan, “Hal baik yang kami dapatkan disini akan dibawa ke sekolah di sana. Mahasiswa di sini cukup baik dan disiplin, saya tertarik, lebih-lebih mahasiswanya banyak yang beraktivitas di Perpustakaan,” pungkasnya.

“Perpustakaan di sini menarik, apalagi dengan adanya sistem peminjaman mandiri, memudahkan untuk meminjam buku. Kalau di sekolah saya, belum ada. Dengan adanya kunjungan seperti ini, menambah wawasan kami mengenai perpustakaan,” ujar Hafizatun, salah satu pelajar lainnya.

Di sela-sela acara, Dr. Taufiq Abdul Gani, Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah mengungkapkan selama ini sudah pernah dikunjungi dari warga Malaysia. Ini adalah kali kedua, sebelumnya dikunjungi oleh pustakawan-pustakawan dari Malaysia.

Sejak dipimpin oleh Dr. Taufiq Abdul Gani, perpustakaan induk Unsyiah telah berkembang pesat. Sejak tahun 2013, perpustakaan ini bahkan sudah berhasil mendapatkan nilai akreditasi A dari Perpustakaan Nasional. Tahun depan, perpustakaan ini ditargetkan berhasil mendapatkan ISO 9001:2008 untuk kualitas pelayanan.

Saat ini, perpustakaan Unsyiah juga telah berlangganan dengan dua data base jurnal terbesar dunia, yaitu Science Direct dan Springer Links. Selain itu, tersedia juga fasilitas e-books dan berbagai dokumen yang dapat didownload lainnya.

“Saat ini, perpustakaan Unsyiah juga kita buka hingga jam 10.30 malam setiap hari kerja. Kita juga buka hari Sabtu hingga jam satu siang,” imbuh Taufiq.

Para pengunjung Perpustakaan Unsyiah saat ini juga merasa dipermudah dengan hadirnya  sitem Self Loan Station (station peminjaman mandiri). Dengan sistem ini, pengunjung dapat langsung meminjam buku tanpa harus menghadap ke petugas perpustakaan. Sehingga, kunjungan perpustakaan kini juga diakui Taufiq, meningkat tajam. Saat ini, sekitar 1.200-1.600 orang tercatat mengunjungi perpustakaan induk Unsyiah. [mrt/i’m]