Tim FMIPA Belajar Ekosistem Mangrove di Thailand

26.11.2018 Humas

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), kembali mengikuti Student Mobility Program (SMP) untuk kedua kalinya. Program ini bertujuan untuk mengenalkan dunia luar serta menambah wawasan keilmuan mahasiswa FMIPA Unsyiah. Sebanyak 15 orang mahasiswa dipilih berdasarkan hasil penilaian seleksi yang telah dilakukan. Kelima belas mahasiwa ini dibagi dalam tiga tim berbeda, yaitu tim Jepang, tim Taiwan dan tim Thailand. 

Tim Thailand menjadi tim terakhir yang diberangkatkan pada 24 November 2018. Berlokasi di Songkhla, Hat Yai, Thailand, lima orang mahasiswa yang berasal dari Program Studi Informatika, Fisika Dan Farmasi mengunjungi Pattani Bay di hari kedua kunjungannya. Pattani Bay merupakan wilayah tempat tinggal bagi beberapa nelayan. Wilayah Pattani Bay juga termasuk wilayah yang dijadikan tempat pengembangan dan penelitian oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Prince of Songkhla University (PSU).

Daerah pesisir pantai ini memiliki hutan mangrove yang cukup luas. Hutan mangrove yang tumbuh secara alami ini telah cukup lama tumbuh dan berkembang di Pattani Bay. Butuh waktu kurang lebih satu jam bagi tim Thailand untuk mengitari sebagian dari hutan mangrove yang terletak di laut lepas. 

“Saya sangat kagum dengan hutan mangrovenya yang begitu luas dan terlihat sudah cukup lama tumbuh. Saya rasa kita perlu menanamkan hal seperti ini di Aceh, mengingat mangrove mampu menahan abrasi dan rumah bagi biota laut,” jelas Siti Alifah, mahasiswa informatika yang menjadi salah satu tim Thailand. [Humas Unsyiah/fer]