Tuan Guru Bajang Ajak Persatuan di Subuh Education Unsyiah

05.03.2018 Humas

Unit Pengembangan Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam (UP3AI) Universitas Syiah Kuala menggelar Subuh Education, Sabtu (3/3). Kegiatan ini menghadirkan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. K.H. Muhammad Zainul Majdi, MA atau lebih dikenal sebagai Tuan Guru Bajang (TGB)

Dalam ceramahnya di depan ratusan mahasiswa Unsyiah, Dr. K.H. Muhammad Zainul Majdi, MA, mengatakan perbaikan akhlak harus dimulai dari diri sendiri. Sebab dengan memperbaiki diri terlebih dahulu, seseorang memiliki pijakan kuat untuk memperbaiki yang lebih besar.

"Bagaimana mungkin kita bisa mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan, tapi kita sendiri tidak melakukannya".

Ia juga menegaskan cara mengajarkan kebaikan terbaik adalah dengan memberi contoh suri tauladan. Menurutnya metode keteladanan ini bersifat praktek langsung tanpa mengeluarkan kata-kata, tetapi dapat memberi contoh nyata bagi orang lain.

"Sekarang ini krisis keteladanan sudah merambah ke berbagai kalangan, baik itu dalam kehidupan keluarga maupun berbangsa dan bernegara".

Zainul Majdi juga menyoroti semakin berkurangnya rasa persatuan masyarakat Indonesia saat ini yang mengakibatkan mudahnya dipengaruhi oleh pihak lain. Untuk itu, ia mengajak para mahasiswa untuk membangun dan memperkuat persatuan antar sesama.

Sementara itu Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengatakan kegiatan Subuh Education merupakan kegiatan unggulan Unsyiah yang bertujuan membina akhlak mahasiswa. Ia berharap UP3AI sebagai lembaga pembinaan karakter dapat terus menghadirkan program-program yang dapat melahirkan mahasiswa yang berkarakter dan bertaqwa.