Universitas Bengkulu Belajar Sistem Keuangan di Unsyiah

24.11.2017 Humas

Sembilan pegawai bidang keuangan Universitas Bengkulu (Unib) mempelajari metode dan sistem pengelolaan keuangan di Universitas Syiah Kuala. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Wakil Rektor II Unib, Dr. Totok Eka Suharto, dan diterima oleh Wakil Rektor II Unsyiah, Prof. Dr. Husni, SH. M.Hum, di Kantor Pusat Administrasi Unsyiah, Jumat (24/11).

Dalam sambutannya Totok menyampaikan Unsyiah sudah sangat bagus dalam pengelolaan sistem keuangan. Terlebih lagi Unsyiah memiliki sebuah aplikasi keuangan yang memuat beragam proses keuangan yang dimulai dari tahap pengusulan, pembayaran, hingga pelaporan akhir, “Tentu, kami belajar banyak dari sana.” Ujarnya.

Lebih lanjut, Totok mengaku tertarik dengan sistem informasi yang diterapkan Unsyiah. Sistem ini dapat menjamin transparansi dan akuntabilitas keuangan. Bahkan, dengan aplikasi keuangan ini Rektor dapat memantau langsung perkembangan keuangan setiap harinya.

Totok juga menambahkan, walau sistem keuangan Unib telah dikelola dalam Badan Layanan Umum (BLU) sejak tahun 2009, namun ia mengaku Unib masih membutuhkan pembelajaran lebih dalam. Untuk itu, ia berharap hubungan kerja sama dengan Unsyiah dapat terus berlanjut dan tidak tutup kemungkinan dalam bidang lainnya.

Wakil Rektor II Unsyiah, Dr. Husni, S.H., M.Hum, menjelaskan jika saat ini Unsyiah telah menerapkan aplikasi online keuangan yang diberi nama SIMKEU Unsyiah. Hadirnya aplikasi ini sebagai wujud dari berkembangnya teknologi sehingga menghadirkan transparansi dalam bekerja. Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan akses bagi para pihak terkait, seperti pimpinan unit kerja, bendahara, hingga validator dokumen.

“Sistem ini akan menciptakan transparansi terhadap realisasi setiap unit kerja yang ada,” pungkasnya. [fer]