Universitas Pattimura Pelajari PSDKU Unsyiah

28.12.2018 Humas

Delegasi Universitas Pattimura mengunjungi Universitas Syiah Kuala dalam agenda untuk mempelajari bagaimana Unsyiah menjalankan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang selama ini diterapkan Unsyiah di Gayo Lues. Rombongan ini dipimpin oleh Wakil Rektor  Bidang Akademik Unpatti Prof. Dr. Ir. Fredrik Rieuwpassa, MS dan disambut Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Hizir di Balai Senat Unsyiah. (Kamis, 27/12).
Hizir mengatakan, Unsyiah merasa terhormat atas kunjungan delegasi Unpatti ini. Selama ini Unsyiah bersikap terbuka bagi siapapun yang ingin mengetahui lebih banyak proses pendidikan di Unsyiah. Di mana tujuan akhirnya adalah untuk memajuk kualitas pendidikan di Indonesia. 
Hizir juga menjelaskan, Unsyiah telah mendirikan PSDKU pada tahun 2014 di Kabupaten Gayo Lues. Di mana ada empat program studi yang dijalankan yaitu Pendidikan Biologi, Kehutanan, Argoteknologi dan Manajemen. Saat ini jumlah mahasiswa PSDKU Gayo Lues tersebut berjumlah 671 orang. 
“Sementara dalam proses belajarnya Unsyiah menerapkan dua metode yaitu melalui tatap muka langsung di ruang kuliah dan melalui teleconference,” ungkap Hizir.
Sementara itu Fredrik mengungkapkan sebelum menuju Unsyiah, rombong Unpatti telah mengunjungi dua daerah lain yaitu Surabaya dan Nusa Tenggara Timur untuk mempelajari lebih jauh manajemen PSDKU. 
Unpaati telah melaksanakan PSDKU pada tahun 2016. Program ini dinilai sangat penting sebab Ambon adalah provinsi kepulauan yang jumlah pulaunya mencapai 1.800 pulau dan tersebar hingga ke perbatasan Australia.
Di mana tujuan pelaksanaan PSDKU ini adalah untuk pemerataan akses dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, Unpatti ingin mengenal dan mempelajari sistem pendidikan dan manajemen PSDKU di Unsyiah
“Kami sudah berproses, tapi kami masih perlu belajar banyak dari Unsyiah. Agar kesempatan pendidikan ini bisa dirasakan banyak orang,” ucap Fredrik. 
Turut hadir pada kegiatan ini Dekan FKIP Unsyiah Prof. Dr. Djufri, Dekan Fakultas Ekonomi dan Binsi Unsyiah Prof. Nasir Aziz, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Prof. Dr. Adlim, M.Sc
Sementara rombongan Unpatti turut hadir Ketua LP3MP Dr. Joseph Pagaya, M.Kes, Ketua PSDKU Prof. Dr. Aholiab Watloly, S. Pak, M.Hum. Dekan FKIP Unpatti Prof. Dr. Theresia Laurens, M.Pd, Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. J.M. Matinahoru, MP. Dekan FEB Dr. E. Leiwakabessy, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik FH Dr. Andress D. Bakarbessy, SH, LL.M, Koordinator Bidang Akademik PSDKU Kepulauan Aru Dr. K.  Karuna, M.Pd dan Koornditator Bidang Akademik PSDKU Kab. MBD Dr. J. T. Male, MSI serta Dr. Jusak Labetubun, MP dari LP3MP.