Unsyiah dan Kodam Gotong Royong Massal di Makam Syiah Kuala

10.10.2017 Humas

Universitas Syiah Kuala dan Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda melaksanakan gotong royong massal di Makam Syiah Kuala. Kegiatan ini terlaksana dalam rangka memperingati Milad Unsyiah ke 56 dan HUT TNI ke 72 tahun. (Selasa, 10/10).

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal M.Eng mengatakan, gotong royong ini adalah bentuk lain dari pengabdian Unsyiah terhadap masyarakat, sekaligus penghargaan Unsyiah terhadap jasa-jasa orang terdahulu seperti Syekh Abdurrauf  yang telah berkontribusi secara nyata untuk Aceh.

“Jasa-jasa mereka harus selalu kita ingat. Maka kita ingin membersihkan tempat ini agar lebih bersih dan orang-orang yang datang untuk beriziarah juga merasa nyaman,” ujar Rektor.

Selain itu, Rektor juga mengucapkan selamat atas HUT TNI yang ke 72 tahun. Rektor sangat mengapresiasi keterlibatan TNI atas kegiatan ini. Selama ini, lanjut Rektor, TNI telah bekerja secara profesional dan selalu mendukung kegiatan-kegiatan Unsyiah. Rektor berharap, kedepannya Unsyiah dan TNI juga bisa bekerja sama seperti ini untuk menghijaukan kota Banda Aceh agar lebih indah lagi.

“Kita ingin kebersamaan ini terus berlanjut. Jadi, kalau selama ini dikenal TNI kuat bersama rakyat, maka kita juga ingin TNI kuat jika bersama-sama dengan mahasiswa,” ujar Rektor.

Wakil Asisten Teritorial Kodam Iskandar Muda Letkol Infantri Hasandi Lubis, mengatakan kegiatan seperti ini sebenarnya telah rutin dilaksanakan oleh TNI.

Selain itu, Hasandi juga mengungkapkan bahwa selama ini hubungan Unsyiah dan TNI sebenarnya sudah terjalin lama dan tidak bisa dipisahkan. Bahkan Rektor Unsyiah terdahulu juga berasal dari tentara.

“Jadi, semua kegiatan Unsyiah bisa mengundang Kodam Iskandar Muda. Begitu juga sebaliknya, kegiatan Kodam Iskandar Muda selalu melibatkan Unsyiah. Baik dosen maupun mahasiswa,” ujar Hasandi.

Dalam kegiatan ini Unsyiah juga memberikan bantuan dana serta peralatan kebersihan kepada pengelola Makam Syiah Kuala. Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh Wakil Rektor Unsyiah, Dekan FKIP Unsyiah Prof. Dr. Djufri, M.Si. Kepala Bagian Hukum dan Tata Laksana Unsyiah Erwin. S. Sos. Serta Ketua Alumni Fakultas Teknik Unsyiah Ir. Razuardi Ibrahim MT.