Unsyiah dan LAPAN Jalin Kerja Sama

04.04.2018 Humas

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Selasa (3/4) menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, Bogor. Kerja sama ini meliputi bidang penelitian, pengembangan, pemanfaatan sains, teknologi penerbangan dan antariksa, serta peningkatan sumber daya manusia di Unsyiah.

MoU tersebut ditandatangani Kepala LAPAN Republik Indonesia, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, M.Sc., dan dari Unsyiah diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Dr. Nazamuddin SE., MA. Nota kesepahaman itu akan berlaku selama lima tahun. Penandatangan ini turut dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial Unsyiah, Dr. Nizamuddin.

Dr. Nazamuddin menyambut baik kerja sama kedua institusi ini. Ia mengatakan kerja sama ini dapat meningkatkan potensi dan sumber daya di Unsyiah khususnya dalam pertukaran tenaga ahli. Ia juga berharap kerja sama ini dapat mengembangkan pemanfaatan teknologi sehingga memberikan dampak bagi masyarakat luas.

Kerja sama ini menurut Nazamuddin juga sejalan dengan semangat Unsyiah yang terus berupaya meningkatkan jumlah publikasi setelah terpilih sebagai kampus terbaik nomor lima secara nasional versi webometrics.

Penandatangan MoU ini juga sekaligus dengan peresmian Antenna S-X Band Mission Control Center LAPAN. Antena ini berfungsi sebagai mission control center yang memiliki diameter seluas 11,28 meter. Antena tersebut bertempat di Pusat Teknologi Satelit LAPAN di Rancabungur, Bogor, Jawa Barat. Kemampuan antena ini dapat menerima dua frekuensi yaitu frekuensi S dan X band serta dapat melakukan transmisi pada frekuensi S-band.