Unsyiah Gelar Workhop Peningkatan Webometrics dan Greenmetrics

07.12.2017 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar workshop pemeringkatan Webometrics dan Greenmetrics di Aula Balai Senat Lama Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Rabu (6/12). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) ini sebagai upaya Unsyiah untuk meningkatkan daya saing sebagai kampus berbasis riset.

Wakil Rektor Unsyiah Bidang Kerjasama dan Humas, Dr. Nazamuddin, MA., menyebutkan jika tahun ini berdasarkan data Webometrics, Unsyiah berada di posisi kelima sebagai universitas yang memiliki publikasi ilmiah paling banyak disitasi. Tetapi, secara keseluruhan pemeringkatan Webometrics, Unsyiah berada di posisi kesebelas secara nasional.

“Ini tahun kedua Unsyiah mengikuti Greenmetrics Campus. Tahun lalu, Unsyiah berada pada peringkat ke-18 nasional. Kita punya komitmen bersama untuk menjadi world class university,” ujar Nazamuddin.

Hingga tahun ini, Unsyiah telah berhasil mempublikasikan sebanyak 6.956 judul artikel ilmiah dalam berbagai publikasi. Selain itu, tercatat 291 buku serta 26 paten telah dihasilkan oleh para ilmuwan Unsyiah.

Terkait Greenmetrics, Nazam menambahkan jika di Unsyiah saat ini telah terbentuk tim yang bekerja untuk menyusun konsep kampus hijau. Konsep ini diharapkan dapat menghadirkan semangat baru dalam penghematan energi terutama penggunaan energi listrik. Nazamuddin juga menghimbau agar civitas akademika dapat memulai gerakan hemat energi dari hal-hal terkecil yang ada di sekitar kampus.

"Kami mengajak semua elemen, termasuk masyarakat sekitar kampus untuk menjaga universitas ini agar semakin hijau. Minimal tidak membuang sampah sembarangan,” ajaknya.

Ketua Panitia, Razief Perucha Fauzie Afidh, S.Si., M.Sc., mengatakan kegiatan workshop setengah hari ini diikuti 64 peserta dari civitas Unsyiah. Mereka yang ikut serta di antaranya Kepala Lembaga, Kepala Unit Pelasana Teknis, Kepala Pusat Studi, Wakil Dekan, dan Kepala Biro. (mr)