Unsyiah Gelar Workshop Persiapan ON MIPA-PT

06.03.2018 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan workshop persiapan menuju Olimpiade Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2018 bidang Biologi, di gedung Gelanggang Mahasiswa lantai II, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (6/3). Kegiatan ini menghadirkan pemateri Dr. Ir. Miftahudin, M.Si., selaku Dewan Juri Nasional ON MIPA-PT.

Ketua Panitia Marwan, S.Si, M.T., mengatakan program ini diadakan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa khususnya ON MIPA-PT. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjembatani peningkatan prestasi mahasiswa.

“Tiap tahun Unsyiah selalu mengirimkan tim untuk menguji kompetensi tingkat nasional. Maka hari ini kita libatkan mahasiswa dan dosen program studi bidang biologi dari FKIP dan FMIPA,” sebut Marwan.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unsyiah, Dr. Zumaidar, S.Si, M.Si., mengatakan workshop ini merupakan kesempatan langka sebab menghadirkan dewan juri nasional. Unsyiah juga membutuhkan strategi yang tepat agar bisa meraih prestasi.

“Ke depan, kegiatan workshop yang serupa akan kita adakan untuk bidang fisika, matematika, dan kimia,” paparnya.

            Miftahuddin mengungkapkan ON MIPA-PT bertujuan meningkatkan minat mahasiswa dan dosen untuk mempelajari serta meningkatkan ilmu bidang sains.

“Sejarah membuktikan bahwa jika negara sains-nya kuat, negara itu akan maju. Saat ini, pemerintah terus mendorong bidang ini guna pemantapan ilmu dan teknologi masa depan,” katanya.

            Dilanjutkannya, khusus bidang biologi, peserta terus meningkat dari tahun 2011. Awalnya hanya diikuti 12 Kopertis. Tahun lalu, diikuti 1.272 peserta dari 14 Kopertis, termasuk dari Aceh sebanyak 35 peserta mewakili Koperti Wilayah XIII.

            “Seleksi tingkat wilayah akan berlangsung dari 21-22 Maret. Sementara seleksi tingkat nasional tanggal 3-7 Mei.”

            Kegiatan workshop bersama Miftahuddin ini membedah bidang materi yang akan diuji untuk bidang biologi. Di antaranya, kimia dalam kehidupan; biologi sel, genetika dan biologi molekuler; fisiologi dan metabolisme; pertumbuhan. Selain itu, turut disampaikan materi perkembangan dan reproduksi; keanekaragaman hayati; ekologi dan evolusi. (mr)