Unsyiah Launching Program Doktor Ilmu Manajemen Konsentrasi Akuntansi

25.10.2018 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) me-launching Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Konsentrasi Akuntansi Keuangan dan Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik, di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Selasa (23/10). Launching tersebut bersamaan dengan seminar nasional tentang ‘Peran Pendidikan Tinggi dalam Pengembangan SDM untuk Memperkuat Kemitraan antar Sektor Swasta dan Sektor Publik’.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengatakan Prodi Doktor Ilmu Manajemen Akuntansi (DIM-Akuntansi) dibuka untuk menghasilkan peneliti, praktisi, dan analisis akuntansi yang responsif terhadap perkembangan zaman yang semakin pesat. Selain itu, juga agar mampu bersaing dalam dunia global.

“Program ini kita susun agar para lulusan kaya pengalaman teoritis, sehingga memiliki kemampuan analisis yang kuat dalam merumuskan gagasan praktis menanggapi fenomena klasik dan kontemporer di bidang keuangan,” kata Syamsul Rizal.

Samsul menambahkan, kompetensi ini akan dapat dicapai melalui proses pembelajaran dengan metode penyampaian yang efektif dan inovatif melalui proses riset yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Prodi Doktor Ilmu Manajemen, Prof. Dr. A. Rahman Lubis, M.Sc., mengatakan Unsyiah menawarkan metode pengajaran yang dirancang untuk memberi landasan teoritis yang kuat bagi para mahasiswa untuk berpikir kritis. “Nantinya para lulusan akan memiliki kemampuan membangun argumentasi akademik secara bertanggung jawab,” kata Rahman Lubis.

  

Rahman Lubis berharap Prodi Doktor Ilmu Manajemen Konsentrasi Akuntansi Keuangan dan Konsentransi Akuntansi Sektor Publik ini, dapat memperoleh keunggulan akademik dan mampu bersaing dengan konsentrasi serupa lainnya di Indonesia. Ia menambahkan program ini terdiri dari 50 persen coursework dan 50 persen riset dengan dua semester mata kuliah dan riset dalam durasi 3-4 tahun.

Progam studi ini memiliki enam bidang konsentrasi di bawah Program Doktoral Ilmu Manajemen. Prodi-prodi tersebut adalah Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Sektor Publik. (Humas Unsyiah/mks)