Unsyiah Terpilih Sebagai PT Asuh dari Kemeristekdikti

10.04.2018 Humas

Universitas Syiah Kuala terpilih menjadi salah satu dari 29 universitas di Indonesia yang menjadi pengasuh untuk membantu meningkatkan mutu perguruan tinggi yang belum berkembang di Indonesia. Penunjukkan ini dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bagi perguruan tinggi yang telah unggul atau world class.

"Kami harapkan 29 perguruan tinggi yang sudah unggul atau world class bisa sharing best practice kepada perguruan tinggi yang masih kurang berkembang," ujar Direktur Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Aris Junaidi, di sela Sosialisasi dan Penandatanganan Kontrak Penerima Program Perguruan Tinggi Asuh (PT Asuh) Tahun 2018 di Yogyakarta, Jumat (6/4).

Aris menambahkan pemilihan 29 universtitas ini telah melalui seleksi dari 66 perguruan tinggi yang mengajukan proposal Program Asuh PT Unggul. Masing-masing perguruan tinggi mendapatkan Rp 300 juta sebagai dana pembinaan. Ia juga berharap, perguruan tinggi terpilih ini nantinya mampu membantu meningkatkan nilai akreditasi perguruan tinggi yang diasuhnya. Bukan saja memenuhi standar minimal akreditasi C, tetapi juga mampu melampaui nilai B atau A. Terlebih lagi menurutnya, saat ini jumlah perguruan tinggi di Indonesia semakin meningkat, bahkan telah mencapai 4.616 perguruan tinggi.

"Sehingga dengan pembinaan dari perguruan tinggi pengasuh itu diharapkan perguruan tinggi lain bisa meningkatkan kualitas program studinya menjadi unggul," harapnya.

Selain Unsyiah, juga tercatat beberapa universitas yang menjadi perguruan tinggi asuh, seperti Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Petra, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gunadarma, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Lampung, Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Udayana, Universitas Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Mulawarman, Universitas Telkom, dan Universitas Airlangga.