UPT Kewirausahaan Unsyiah Gelar Seminar Produk Kreativitas Mahasiswa

28.11.2017 Humas

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan Universitas Syiah Kula melakukan seminar produk hasil kreativitas mahasiswa mulai tanggal 27 – 29 November 2017 di  Ruang Flamboyan, gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah. (Senin, 27/11).

Wakil Rektor III Unsyiah Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC dalam sambutanya saat membuka kegiata ini mengatakan, para mahasiswa Unsyiah harus serius memahami setiap materi yang disampaikan dalam seminar ini. Sebab, hal ini merupakan bekal yang penting saat terjun ke dunia wirausaha.’

“Ilmu yang kalian dapat pada kegiatan ini semoga bisa  meningatkan kreativitas kalian dalam berwirausaha,” uajr Alfiansyah.

Kepala UPT Kewirausahaan Unsyiah, Dr drh M Hanafiah MP menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memetakan potensi produk dari mahasiswa Unsyiah yang telah mendapatkan Pinjaman Modal Wirausaha (PMW) selama ini.

“Jadi produk yang telah mahasiswa kita hasilkan ini, kita lihat potensinya di pasar,” ungkap Hanafiah.

Hanafiah juga menjelaskan, untuk menyukseskan kegiatan ini UPT Kewirausahaan Unsyiah bekerja sama dengan Pusat  Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PIUT KUMKM) Provinsi Aceh.

Alasannya, agar produk-produk yang telah dihasilkan mahasiswa Unsyiah dapat dinilai secara objektif. Pihak PIUT KUMKM pun bisa menilai dari banyak sisi terkait potensi produk. Misalnya terkait packaging atau kualitas produk, sehingga permasalahan tersebut bisa dikoordinasikan dengan PIUT KUMKM Aceh sebagai konsultan wirausaha.

“Mereka inikan sudah expert, kalau kita yang menilai kan bisa saja subjektif. Lagi pula kita kan ingin hasil produk ini harus berbasis pasar,” ujar Hanafiah.

Kegiatan ini  diikuti sebanyak 180 orang mahasiswa Unsyiah. Mereka sebagian besarnya adalah mahasiswa yang  telah menerima modal PMW, plus mahasiswa yang tertarik berwirausaha.

“ Jadi, hampir rata rata mereka telah ada usaha,” ujar Hanafiah.

Pujo Basuki dari PIUT KUMKM Aceh yang hadir sebagai pemateri menyampaikan, para mahasiswa yang telah memutuskan untuk menjadi seorang wirasusaha harus segera merealisasikan rencananya. Sebab menurutnya, wirasuaha yang baik adalah wirausaha yang segera dilaksanakan.

“Banyak orang yang ingin berusaha, malamnya ia berpikir mau usaha apa. Tapi begitu pagi, ia masih berpikir lagi. Nah, kalian tidak boleh seperti itu,” ujarnya.