Sivitas Akademika USK Semarakan Hari Keluarga

25.09.2022 Humas

Segenap sivitas akademika Universitas Syiah Kuala mengikuti berbagai kegiatan untuk menyemarakan  Hari Keluarga yang berpusat di Lapangan Tugu Kopelma Darussalam. (Banda Aceh, 25 September 2022).

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Hari Keluarga ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Milad ke 61 Kampus ini.

Untuk itulah, pada momen atau suasana yang penuh kegembiraan tersebut Rektor turut menyampaikan terima kasih atas partisipasi sivitas akademika USK. Termasuk pula kepada semua pihak yaitu mitra USK yang turut berkontribusi mendukung kegiatan ini.

“Alhamdulillah, kami atas nama pimpinan Universitas menyampaikan terima kasih. Mudah-mudahan semangat kebersamaan yang ada selama ini dapat terus terawat,” ucap Rektor.

Selanjutnya, Rektor mengatakan pada milad kali ini USK mengangkat tema Membangun Kampus Hijau, Mewujudkan USK Inovatif, Mandiri dan Terkemuka. USK sengaja mengangkat tema tersebut, untuk memperkuat kembali komitmen perguruan tinggi ini dalam menerapkan prinsip green campus.

Oleh sebab itu, Rektor turut mengingatkan agar sivitas akademika untuk selalu menjaga kebersihan selama kegiatan hari keluarga ini berlangsung. Sebelumnya, USK juga telah menghimbau sivitas akademikanya untuk membawa tumbler dan tas belanja sendiri dari rumah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah.

Pada peringatan Hari Keluarga ini, USK menggelar sejumlah kegiatan yaitu jalan santai, doorprize, bazar, donor darah, lomba masak, tarik tambang, perlombaan anak, serta pameran hewan unik/eksotik.

Adapun puncak peringatan Milad USK telah berlangsung sebelumnya pada tanggal 16 September 2022 di Gedung AAC Dayan Dawood yaitu melalui kegiatan Sidang Terbuka, yang turut menghadirkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc sebagai Dies Reader.

Dalam orasi ilmiahnya, Siti Nurbaya menyampaikan sejumlah pesan mitigasi perubahan iklim. Dirinya menyebutkan, ancaman terhadap kelestarian lingkungan,  kerusakan ekosistem serta dampak perubahan iklim yang berakibat menurunkan resiliensi masyarakat harus dihindari dan dicarikan pemecahannya.

Maka dirinya menilai, pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan memiliki peran penting dalam menangkal ancaman tersebut, serta untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, Siti Nurbaya menyambut baik komitmen USK yang telah mendeklarasikan institusinya untuk menerapkan prinsip Green Campus.

“Terima kasih atas penegasan USK sebagai kampus hijau. Terima kasih Rektor dan seluruh sivitas akademika USK,” ucapnya.