Rumah Amal Dan Prodi Peternakan USK Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi

27.04.2021 Humas

Siem, Aceh Besar (25/4/2021), Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala  bersama tim dosen dari Prodi Peternakan USK melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pakan fermentasi untuk penerima manfaat program pemberdayaan ekonomi 1000 ternak bebek, Saudara T. Yusrizal di gampong Siem.

Manager operasional Rumah Amal, Haris Munandar menyebutkan bahwa program 1000 bebek merupakan salah satu program unggulan Rumah Amal yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat kurang mampu di kawasan kampus Universitas Syiah Kuala. Adapun kegiataan pelatihan tersebut merupakan program lanjutan yang diberikan oleh Rumah Amal setelah sebelumnya diberikan dana sejumlah Rp 3.000.000 untuk pembuatan kandang, pembelian 100 benih bebek, pembelian pakan dan nutrisi ternak untuk 3 bulan, tambah Haris.

Pelatihan tersebut diisi oleh tim dosen dari Prodi Peternakan Fakultas Pertanian USK yaitu Dr. Allaily, S.Pt., M.Si., Ir. Zulfan M.Sc., dan Zulfikar, S.Pt yang didampingi oleh tim dari Rumah Amal serta beberapa relawan dari mahasiswa. Allaily selaku koordinator pelatihan menyebutkan bahwa pelatihan pembuatan fermentasi ini diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian peternak dalam menyediakan pakan untuk ternak bebek dengan menggunakan bahan dari limbah sayuran yang dapat diperoleh dari pasar-pasar. Pemberian pakan fermentasi dapat meningkatkan bobot ternak secara signifikan karena kaya akan bakteri baik, tambah dosen yang kerap disapa Bunda Lily tersebut.

Haris mengungkapkan, saat ini Rumah Amal terus berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program amal pemberdayaan, sehingga masyarakat kurang mampu di sekitar kampus USK dapat mandiri secara finalsial. Adapun alokasi dana untuk program 1000 bebek tersebut berasal dari dana zakat.